Mochi Jepang dan Mochi Es Krim Indonesia, Apa Sih Bedanya?

Tahukah kalian apa perbedaan mendasar antara kue mochi Jepang dan mochi es krim Indonesia? Saat ini kue berbentuk bulat lucu ini memang sedang popular dan banyak disukai orang. Tak sedikit pelaku bisnis yang memproduksi dan menawarkan kue yang enak ini dalam beragam rasa yang unik dan tentunya juga lezat.

Mochi adalah kue khas Jepang dan merupakan kue tradisional yang hanya dibuat setahun sekali, yaitu saat perayaan tahun baru Jepang. Dalam perayaan yang disebut Mochitsuki masyarakat Jepang membuat mochi dari tepung beras ketan yang ditumbuk dengan menggunakan alat penggilingan dari kayu.

Ragam Jenis Mochi Jepang

Tepung beras ketan inilah yang kemudian diolah menjadi adonan dan dicampur dengan bahan lain, seperti kacang tanah. Adonan ini kebanyakan dibentuk menjadi bolanan dengan ukuran seperti onde-onde di Indonesia. Untuk pengolahannya, masyarakat Jepang melakukannya dengan cara dipanggang, direbus, ataupun dengan dibakar.

Baca juga: Harga Mochi Es Krim

Saat digigit akan terasa cita rasanya yang kenyal,lengket, dan agak manis gurih yang enak. Mochi asli Jepang umumnya dibuat tanpa isian sehingga rasa kenyal itu akan terasa hingga gigitan terakhir. Saat ini mochi di Jepang dijual dalam beragam bentuk, seperti berupa bubuk agar bisa diolah menjadi adonan ataupun dalam bentuk batangan kering yang mesti diolah lagi dengan cara direbus atau dipanggang.

Ada beberapa jenis mochi Jepang yang cukup terkenal, seperti Sato Shoyu Mochi, yakni mochi yang dicampur dengan kecap asin (shoyu) dan gula sehingga menghasilkan rasa rasa manis gurih yang unik. Ada juga jenis Anko Mochi, yaitu mochi panggang yang dicampur dengan pasta kacang merah. Atau Mochisenzai, mochi panggang yang bahan campurannya menggunakan sup kacang merah.

Lihat juga  Pilihan Harga Mochi Es Krim, dari yang Biasa Hingga Premium

Selain itu ada juga jenis Isobe Mochi yang berbentuk batangan yang dipanggang atau dibakar agar menjadi mekar lalu diolesi shoyu. Untuk penyajiannya, mochi ini disuguhkan dengan cara dilipat dengan sejenis rumput laut kering yang dinamakan nori.

Satu lagi jenis mochi yang juga popular adalah Kinako Mochi. Selain gampang bikinnya, mochi ini bisa dibentuk dengan beragam bentuk sesuai keinginan kita. Setelah itu ditaburi dengan serbuk kacang tanah. Nah, jenis mochi inilah yang diadopsi dan banyak dibuat di Sukabumi, khususnya untuk oleh-oleh. Karena itu sempat tersebar kabar bahwa mochi adalah makanan khas Sukabumi padahal tidak demikian.

Inovasi Mochi Es Krim Indonesia

Harus diakui, perkembangan kue mochi di Indonesia memang berawal dari Sukabumi. Para pengasong yang berlomba menjajakan kue unik ini di berbagai titik persimpangan jalan protokol di Kota Bogor membuatnya cepat dikenal masyarakat. Namun mochi Sukabumi ini dibuat mirip jenis Kinako Mochi yang hanya berbalut tepung kacang.

Orang Indonesia yang sangat kreatif dalam mengolah makanan akhirnya melahirkan mochi dengan isian es krim yang jauh lebih unik dan inovatif. Mochi es krim inipun saat ini menawarkan beragam varian rasa yang umumnya disambut dan disukai masyarakat.

Meskipun bahan adonan mochi Indonesia masih menggunakan tepung beras ketan yang sama dengan mochi Jepang, yang membedakan adalah kreasi isiannya yang sangat beragam. Selain dengan isian es krim, mochi Indonesia juga dibuat dengan beragam isian lainnya, seperti coklat, keju, kacang hijau, dan lainnya.

Selain itu ada juga mochi es krim premium yang menawarkan cita rasa yang mewah dan sangat lezat. Mochi yang dibuat Miwaku ini tersedia dalam beberapa varian rasa es krim yang nikmat, seperti mochi ice cream strawberry, mochi ice cream chocolate, mochi ice cream vanilla, dan mochi ice cream green tea.

Lihat juga  Usaha Jual Mochi Es Krim Bandung yang Prospektif

Penasaran seperti apa cita rasa mewah dari mochi es krim Indonesia buatan Miwaku, kontak saja 0813-1420-5500.