Mochi Khas Indonesia, dari Kacang hingga Mochi Es Krim

Saat ini makin banyak saja jenis kue mochi khas Indonesia, dari bahan kacang hingga mochi es krim. Jika anda suka trevling ke berbagai daerah, kue kenyal dan agak lengket makin popular sebagai oleh-oleh khas daerah yang banyak disukai orang.

Kue mochi itu sendiri merupakan jajanan yang berasal dari Jepang. Makanan yang dibuat dari beras ketan yang ditumbuk menjadi tepung ini lalu diolah dengan gula dan bahan lain menjadi adonan dan dibentuk bulatan. Mochi merupakan panganan tradisional yang hanya dibuat saat perayaan tahun baru Jepang yang disebut Mochitsuki.

Kue mochi Jepang dibuat tanpa isian sehingga menghasilkan kue yang kenyal, lengket dan agak manis. Ukuran kue asli ini mirip seperti onde-onde di Indonesia dan dibuat dengan taburan tepung kacang sehingga rasanya lebih enak.

Namun dalam sejumlah kasus, seperti dikutip dari CNN, tak sedikit kasus orang tua yang meninggal karena makan kue ini. Hal ini terjadi lantaran kue yang agak besar ini tanpa isian sehingga lengketnya bisa membuat orang yang makan tersedak. Apalagi jika saat menggigitnya dalam ukuran besar sehingga kurang dikunyah dengan sempurna.

Mochi Khas Indonesia
Mochi Khas Indonesia

Ragam Mochi Khas Indonesia

Setelah resep kue ini menyebar ke berbagai negara, termasuk ke Indonesia, kue tradisional Jepang itu pun mengalami perubahan dengan kreasi yang lebih inovatif. Makanan mochi masuk ke Indonesia diperkirakan dibawa saat masa penjajahan Jepang. Namun berbeda dengan aslinya, mochi khas Indonesia dibuat dengan isian agar lebih enak.

Berikut ini beberapa jenis mochi khas Indonesia dan menjadi oleh-oleh khas sejumlah daerah.

Mochi Sukabumi, Bandung

Mochi Sukabumi termasuk yang paling awal dari perkembangan mochi di Indonesia. Meskipun dibuat dalam bentuk bulat seperti mochi Jepang namun ukurannya lebih kecil atau setara dengan bola pingpong. Yang menarik, mochi khas Sukabumi dibuat dengan isian kacang tanah. Untuk bahan pembuatnya masih sama menggunakan beras ketan yang dihaluskan. Kue mochi khas Sukabumi banyak dijual di kawasan oleh-oleh maupun oleh para pengasong.

Lihat juga  Ice Cream Mochi dan Ragam Es Krim di Dunia

Mochi Semarang

Untuk mochi Semarang tampilannya jauh berbeda dengan mochi Jepang maupun mochi Sukabumi. Meskipun dari segi ukuran mochi Semarang lebih mirip mochi Jepang namun bagian luarnya banyak yang dilapisi dengan wijen mirip onde-onde. Begitu juga untuk isiannya juga menggunakan remukan kacang tanah dan gula sehingga menghasilkan rasa yang manis gurih dan kenyal.

Baca juga: Mochi Ice Cream Online

Mochi Yogyakarta

Mochi Yogyakarta muncul belakangan. Meskipun masih menggunakan bahan yang sama dengan tepung beras ketan, namun isiannya lebih variatif. Diantaranya ada yang dengan isian seperti kacang tanah, kacang hijau, cokelat, keju, dan lainnya. Dengan kemasan yang lebih menarik, mochi khas Jogja pun saat ini menjadi salah satu bentuk oleh-oleh yang sangat disukai setelah bakpia atau yang lainnya.

Mochi Es Krim Miwaku

Kreasi terbaru yang terunik dari pengembangan mochi Jepang adalah munculnya mochi es krim. Berbeda dengan mochi khas Indonesia yang dibuat sejumlah daerah, mochi es krim justru memberikan isiannya dengan es krim. Perpaduan yang inovatif ini ternyata banyak disukai masyarakat dan membuat popularitasnya terus meningkat. Bahkan saat ini berbagai kota besar telah muncul produsen mochi es krim dengan beragam varian rasa yang enak dan lezat.

Salah satunya adalah mochi es krim buatan Miwaku yang menawarkan cita rasa yang mewah dan eksklusif. Meskipun bahan dan cara pembuatannya mirip dengan mochi Jepang namun Miwaku menggunakan bahan-bahan berkualitas untuk produknya. Beberapa bahan bahkan didatangkan langsung dari Jepang dan Filipina. Begitu juga proses pembuatannya telah menggunakan mesin modern yang menjamin kualitas rasanya.

Itulah sedikit jejak sejarah mochi khas indonesia, mulai dari yang dibuat dengan isian kacang hingga mochi es krim yang lezat dan nikmat.