Sejarah Mochi Es Krim dan Beragam Jenisnya

Kalian termasuk pecinta mochi? Yuk kita mengenal sedikit tentang sejarah mochi es krim. Setidaknya, dengan wawasan yang cukup kita bisa cerita ke kawan jika menanyakan asal-usul kue yang begitu enak dan lezat ini.

Mochi es krim sangatlah berbeda dengan mochi Jepang, mochi China, ataupun mochi Taiwan. Namun jajanan ini cukup popular di negaranya masing-masing. Kreasi dan inovasi yang dilakukan merupakan tahapan penting kue ini menjadi banyak sekali bentuknya.

Jika anda mengetikkan di Google dengan kata kunci ‘mochi’, maka akan muncul banyak jenis kue dengan beragam jenis dan bentuknya. Mochi yang sekarang sedang popular dan banyak dijual merupakan pengembangan dari mochi Jepang. Kue ini dikenal dan sangat disukai masyarakat Jepang karena hanya dibikin setahun sekali saat perayaan tahun baru Jepang yang dinamakan Mochitsuki.

Yaps, dari tradisi itulah kue mochi begitu popular dan sangat disukai masyarakat Jepang seperti kita sering menantikan kue nastar atau opor ayam saat Lebaran. Meskipun kue mochi juga dibuat di sepanjang waktu karena dijadikan bisnis, namun saat Mochitsuki kue mochi yang dibuat dengan cara tradisional merupakan yang dicari.

Popularitas kue inilah yang kemudian menarik minat banyak orang untuk mencoba membuatnya sendiri. Orang Taiwan dan China pun mengadopsi kue khas Jepang itu dengan sejumlah modifikasi. Begitupun dengan orang Indonesia. Dengan menggunakan bahan yang sama, yaitu beras ketan yang ditumbuk menjadu tepung dan diolah menjadi adonan.

Ragam Jenis Kue Mochi

Mochi es krim merupakan inovasi terkini dari kue mochi khas Jepang. Nah, ternyata kue mochi Jepang itu ada banyak jenisnya yang sebaiknya juga perlu kalian tahu. Berikut ini informasinya.

Daifuku Mochi

Mochi yang satu ini bentuknya bulat kecil dan bertekstur yang dibuat dengan pasta kacang dan bahan pemanis. Dalam bahasa Jepang Daifuku bermakna “keberuntungan besar”. Kue ini dibuat dari tepung beras yang ditumbuk dengan menggunakan palu kayu. Dari tepung beras inilah kemudian diolah menjadi adonan dan dibentuk bulatan dalam tiga warna, yaitu putih, hijau pucat, dan merah muda.

Lihat juga  Ice Cream Mochi dan Ragam Es Krim di Dunia

Baca juga: Kandungan Es Krim Mochi dan Khasiatnya untuk Kesehatan

Botamochi (Ohagi)

Kue botamochi atau juga disebut ohagi ini dibuat dari beras Jepang yang juga dibentuk dalam bentuk bulat yang kenyal dan lengket. Kue ini biasanya dimakan selama masa libur Buddhis Ohigan sehingga dinamakan juga mochi ohagi. Untuk cara makannya kadang dicampur dengan bubuk rumput laut, bubuk teh hijau, ataupun bubuk kinako.

Sakura Mochi

Sakura mochi ini termasuk jenis kue yang popular dengan warna merah muda seperti warna bunga sakura. Kue ini dibuat dengan menggunakan isian kacang yang dibuat pasta. Namun kue jenis ini biasanya dibuat pada perayaan festival Hinamatsuri yang berlangsung pada musim semi.

Kusamochi

Kue kusamochi juga dibuat dengan beras ketan dan sejenis tanaman Jepang yang bernama yomogi dan rasanya agak pahit. Kue ini juga dibuat dengan pasta kacang merah yang rasanya manis.

Warabi Mochi

Ini merupakan jenis mochi yangagak berbeda karena bukan dari beras melainkan dari tepung yang diolah dari sejenis tanaman pakis. Kue ini umumnya hanya dibuat saat musim panas, dan dimakan dengan tepung kedelai yang dinamakan kinako panggang ataupun sirup gula merah yang disebut kuromitsu.

Itulah beberapa jenis kue mochi yang cukup popular bagi masyarakat Jepang. Nah, dari kue khas inilah yang paling terkenal adalah yang dibuat dengan tepung beras ketan yang juga digunakan untuk pembuatan mochi es krim. Diantara begitu banyak es krim mochi yang dijual di Indonesia, mochi es krim Miwaku merupakan salah satu yang popular dan sangat disukai. Dengan beberapa varian rasa, Miwaku menawarkan cita rasa mochi es krim yang mewah dan eksklusif.

Lihat juga  Kenali Manfaat Mochi Es Krim untuk Kesehatan

Semoga informasi tentang sejarah mochi es krim dan beragam jenisnya ini bermanfaat dan menambah wawasan kalian.